Pentingnya Membersihkan Cooling System Pada Laptop

Pada intinya adalah semakin besar prosesor yang kita miliki di dalam komputer / laptop kita konsumsi arus listrik akan semakin besar dan tentunya panas yang akan dihasilkan pada saat prosesor bekerja sangat tinggi, tentunya hal ini akan mempercepat ruang PC/ Laptop menjadi cepat panas dan sangat dibutuhkan sistem pendinginan yang baik dan besar agar panas tinggi dapat diredam sehingga tidak menjadi panas berlebih ( Over Heating ). Seperti halnya sebuah mobil juga membutuhkan radiator sebagai sistem pendinginan pada mesin untuk membuat temperatur agar tidak over heating. Dampaknya jika proses pendinginan tidak lancar maka temperatur akan semakin meningkat dan meningkat dan berakibat panas berlebih, dalam hal ini prosesor akan mengalami panas berlebih dan daya kerja prosesor akan menurun dan pada titik tertentu akan mati sendiri. Nah sampai disini tentunya pembaca sudah memulai memahami paling tidak sedikit tau mengapa PC / Laptop menjadi lambat.

Selanjutnya akan aku ulas bagaimana proses kerja pendinginan pada PC dan Laptop sbb :

LAPTOP : Sirkulasi udara pada laptop untuk proses pendinginan prosesor adalah udara akan di hisap dari bawah laptop dengan menggunakan fan yang langsung di tiupkan ke sirip-sirip yang di tengahnya ada pipa yang terhubung langsung dengan pendingin ( Heatsink ) yang dibawahnya ada terdapat prosesor yang menghasilkan panas yang akan dialirkan ke sirip-sirip tersebut dan akan didinginkan oleh tiupan angin dari fan sehingga proses pendinginan akan terjadi.

KENDALA : Mengingat sirip-sirip pada pendingin itu memiliki kisi-kisi yang banyak dan rapat terkadang timbul penumpukan kotoran/debu di bagian ini sehingga berdampak menutup celah- celah yang seharusnya dilewati oleh udara dingin, akibatnya udara yang seharusnya mendinginkan pipa tersebut memantul kembali dan tidak terjadi proses pendinginan yang seharusnya. Dan apabila hal ini dibiarkan terjadi maka temperatus prosesor akan semakin naik dan kinerja prosesor akan melemah dan mati pada suhu tertentu. Kuncinya disini kenapa laptop tiba-tiba menjadi lambat dan bahkan mati ketika sedang dipergunakan.

SOLUSINYA : Membongkar dan membersihkan pada bagian sirkulasi udara masuk dan keluar yang berupa debu tersebut.

PENCEGAHAN :
1. Jangan menggunakan laptop di kasur, karena bidangnya yang lunak berdampak menutup lubang udara masuk yang berada di bagian bawah laptop dan banyak debu kasur yang akan terhisap masuk dan menyangkut di kisi-kisi pendingin.
2. Gunakan alas kaku jika memang mau menggunakan di kasur sehingga akan tercipta rongga di bawah laptop yang membuka celah udara untuk bisa masuk dan mengalir ke dalam laptop.
3. Jauhkan Abu Rokok berserakan di sekitar meja kerja, gunakan asbak yang di beri air sehingga abu tidak berterbangan dan terhisap oleh fan dan masuk ke dalam laptop.
4. Biasakan membersikan meja dulu dari debu sebelum laptop dinyalakan.
5. Jangan memangku laptop pada posisi lubang fan udara masuk tertutup paha kaki.
6. Gunakan extra fan sebagai pembantu proses masuknya udara agar sirkulasinya jauh lebih baik.
7. Gunakan software pengukur temperatur prosesor yang sangat praktis dan akurat namanya SPECCY dapat di download di http://www.piriform.com/speccy/download

PC : Sirkulasi udara masuk dari fan casing depan menghisap masuk udara dari luar dan mendorong masuk ke bagian prosesor sehingga asupan udara dingin dari luar terpenuhi selanjutnya fan prosesor akan menghisap udara dingin tersebut dan mendorong langsung ke heatsink dimana prosesor berada di posisi bawah heatsing sehingga panas prosesor yang dialirkan oleh heatsink akan didinginkan langsung oleh fan tersebut, udara panas yang dihasilkan oleh prosesor akan disedot keluar oleh fan casing yang ada di belakang sehingga udara panas akan mengalir keluar.

Kendala : Sering kisi-kisi pada heatsink terlalu rapat sehingga mengakibatkan kotoran menyangkut disitu dampaknya udara yang di tiupkan akan mengalami benturan dan tidak sampai ke heatsink dengan baik berdampak proses pendinginan terhadap prosesor tidak bekerja baik.

Solusinya : Boangkar dan bersihkan dari kotoran tersebut, sehinga aliran udara dapat berhasil menerobos masuk mengenai heatsink dan mendinginkan prosesor dibawahnya.

Pencegahan : Selalu bersihkan komputer secara berkala 4 bulan sekali agar kotoran2 tidak menumpuk.

Demikian informasi yang dapat aku sampaikan pada kesempatan kali ini semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca yang budiman dan dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya sehingga laptop / PC yang kita gunakan menjadi awet dan kinerjanya maksimal.

 

 

referensi : http://brahmacomputerservices.blogspot.com/search/label/kinerja%20komputer

About rivalwidyananda

Minority Will Be Shine Guys, Keep Spirit !

Posted on Mei 16, 2012, in Artikel Komputer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: