Tugas ASI-02

Judul Tugas : Tugas Analisa Sistem Informasi (ASI-2)

Nama : Rival Widyananda

Nim : 10410100113

Dosen : Didiet Anindita A

 

Kali ini saya mencoba kembali menceritakan materi yang telah disampaikan oleh dosen saya yaitu bapak Didiet tentang : “ Nature Of Analysis and Design”.

Secara umum Sistem Analis adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Disini dijelaskan bahwa Sistem Analis memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.

Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal. Dari beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang Sistem Analis, ada satu point yang paling penting yaitu pada point ke empat yaitu interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Mengapa interpersonal dalam seorang Sistem Analis sangat penting, karena seorang Sistem Analis harus mampu mengorek informasi sebanyak-banyaknya dari seorang client. Sedangkan kadang-kadang client tersebut tidak memberikan seluruh informasi yang dibutuhkan. Guna dari skill ini akan terlihat pada tahap pengumpulan informasi, jika seorang analis tidak dapat mengorek informasi sebanyak-banyaknya, maka hasil dari proyek yang diinginkan oleh client tidak akan tercapai dengan maksimal.

Seseorang Sistem Analis harus mampu bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Mengapa seperti itu, agar seorang sistem analis dalam dapat menganalisa apakah sistem yang dia buat tidak memberatkan bagi para programmer. Dengan kondisi yang seperti itu, sistem yang dia buat dapat dikerjakan dengan baik oleh para programmer. Keahlian manajerial dan interpersonal juga sangat membantu bagi para Sistem Analasis dalam profesinya sebagai menganalisa tersebut.

Pada dasarnya seorang sistem analis melakukan hal-hal berikut:

  • Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka
  • Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan interface yang diinginkan atas suatu perangkat lunak
  • Berinteraksi ataupun memandu programmer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada pada jalurnya
  • Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu para penguji
  • Mengimplementasikan sistem baru
  • Menyiapkan dokumentasi berkualitas

SDLC (Systems Development Life Cycle, Siklus Hidup Pengembangan Sistem) atau Systems Life Cycle (Siklus Hidup Sistem), dalam rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut. Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer atau informasi.Langkah-langkah dalam SDLC :

  • Identifying
  • Determining
  • Analysing
  • Designing
  • Developing
  • Testing
  • Implementing

SDLC dijalankan secara berurutan, mulai dari langkah awal hingga langkah keenam. Setiap langkah yang telah selesai harus dikaji ulang, kadang-kadang bersama expert user, terutama dalam langkah spesifikasi kebutuhan dan perancangan sistem untuk memastikan bahwa langkah telah dikerjakan dengan benar dan sesuai harapan. Jika tidak maka langkah tersebut perlu diulangi lagi atau kembali ke langkah sebelumnya. Yang terlibat dalam proses ini adalah sistem analis, programmer, pendesain sistem, para pekerja lapangan, manajemen pengguna dan sistem.

About rivalwidyananda

Minority Will Be Shine Guys, Keep Spirit !

Posted on September 22, 2011, in Tugas Kuliah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: