Istilah “JUPE DATANG” di TOT 2011

hehee, maap ya para pembaca blog ini . jangan negatif thinking dulu mengenai kata “JUPE” . hahaa .

yang dimaksud disini bukan “JUPE” Si artis itu loh,😀

tetapi yang saya maksud disini adalah :

1) Ju : Jujur

2) Pe : Peduli

3) Da : Cerdas

4) Tang : Tangguh .

hahaa, suda tau kan artinya ? hehee gimana ? asik bukan .😀

Sudah tahu apa sih JUPE DATANG :) . JUPE DATANG sendiri juga berkaitan dengan  TOT (Training Of Trainer). Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan satu per satu .🙂

Pengalaman yang akan saya ceritakan terjadi pada hari pertama saat kami datang ke YPPI, pada saat tersebut kami diberi tanggung jawab oleh para panitia penyelenggara TOT untuk menjaga balon yang berisi air, satu buah balon itu diberikan oleh dua kelompok, jadi kedua tim itu harus bekerja sama untuk menjaga bola air tersebut. Saat itu yang memilih bola air itu adalah teman saya Ageng permadi, pada saat itu dia tidak melihat kondisi bola air yang telah dia pilih tapi dia sudah punya firasat bahwa ada kejanggalan dengan bola air tersebut.

setelah itu kami bersama semua peserta TOT 2011 kembali ke tempat peristirahatan, disana kami berinisiatif untuk melindungi balon tersebut agar tidak pecah, namun saat acara berlangsung kembali ternyata salah satu teman kami memberitahukan bahwa balon dari kelompok kami bocor, dan mau tidak mau kami harus memberitahukan kepada pihak panitia bahwa balon kami pecah, dan makna yang bisa diambil dari hal tersebut adalah adanya rasa JUJUR.

Untuk PEDULI disini dalm artian kita diharuskan untuk peduli antar sesama. Seperti pada paermainan Water pipe jika salah satu teman berusaha keras menutupi lubang-lubang yang ada dengan berbasah-basah ria, yang lain juga harus ikut berbasah-basahan saling bergotong royong menutupi lubang-lubang yang ada tanpa takut akan basah.
Games ini juga menuntut kita untuk berpikir secara CERDAS tidak hanya asal mengerjakannya saja melainkan harus berpikir secara cerdas pula.

Dan nilai yang terakhir adalah TANGGUH. Ketika kegiatan Menyongsong Fajar, jarak tempuh yang harus dihadapi bukan main jauhnya, kalau menurut saya sampai belasan kilometer dan sesuai dengan daerah pegunungan yang terkadang treknya menanjak lalu menurun. Bisa dipastikan para peserta akan kelelahan dan tentunya timbul rasa menyerah untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Namun disinilah letak kekuatan diri kita, kita harus tangguh dalam menghadapi berbagai cobaan yang menimpa kita. Berjalan kaki dengan jarak yang sangat jauh hanyalah secuil dari cobaan yang ada dalam hidup kita.

About rivalwidyananda

Minority Will Be Shine Guys, Keep Spirit !

Posted on Agustus 10, 2011, in OKK 2011. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: